6 Cara Mengelola Profit Bisnis Agar Terus Berkembang


Setiap orang yang membuka sebuah usaha pasti salah satu harapannya adalah mendapatkan keuntungan. Jika kita menjalankan usaha kita dengan baik pasti akan menghasilkan sebuah profit baik kecil ataupun besar. Karena tujuan usaha adalah bagaimana mendapatkan keuntungan finansial yang melimpah untuk mencukupi kebutuhan pribadi maupun untuk perusahaan. Namun jangan terlena dengan profit yang anda dapatkan, karena profit atau keuntungan yang kalian dapat juga bisa menjadi bumerang untuk kalian sendiri, apabila kalian tidak bisa mengelola nya dengan baik.

Sekecil apapun profit yang anda dapat apabila anda bisa memanage nya dengan baik itu akan mengembangkan usaha anda. Namun sebaliknya jika profit sebesar apapun jika tidak dikelola dengan tepat akan membuat kerugian pada usaha anda.

Beberapa Cara Mengelola Profit Bisnis Agar Terus Berkembang, berikut diantaranya:

1. Buat Keuangan Terpisah
Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuka rekening atau penyimpanan uang berbeda antara uang pribadi anda dan keuntungan usaha anda. Karena mencampur keuangan menjadi satu akan membuat keuangan usaha kalian menjadi kacau, tidak jelas keuntungan dan uang pribadi anda, sehingga nya susah untuk mengelola uang keuntungan anda.

2. 10% Profit anda untuk Pengembangan Bisnis
Membagi profit untuk memenuhi segala yang di butuhkan dalam usaha anda salah satunya untuk mengembangkan bisnis Anda ke depan, yaitu dengan cara menyisihkan beberapa bagian dari keuntungan yang dialokasikan untuk mengembangkan bisnis adalah tindakan yang sangat bijak. Anda bisa mengambil 10-15% dari keuntungan bisnis yang Anda peroleh untuk dana khusus pengembangan usaha.
Dana yang telah anda sisihkan tadi dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan bagian – bagian dalam bisnis Anda. Untuk pemanfaatannya seperti, Pengembangan Infrastruktur, Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan Sistem IT, Perluasan, Dengan Membuka Cabang Baru.

3. 20% Gunakan sebagai dana Investasi (cadangan)
Menginvestasikan beberapa persen dari keuntungan yang anda peroleh sangat bagus untuk kemajuan usaha anda. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi atau berjaga – jaga jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan dalam bisnis Anda. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa dalam dunia bisnis tentu banyak resiko yang akan Anda hadapi ke depannya. Anda dapat menyisihkan sebanyak 20% dari laba bersih yang Anda terima untuk investasi dan sebagai dana cadangan. Investasi ini berguna untuk memenuhi kebutuhan operasional usaha dalam jangka waktu panjang atau menengah dan boleh diambil dalam keadaan yang memang sangat penting. Anda bisa menabungkannya dalam bentuk tabungan, emas, deposito, properti dan surat berharga lainnya.

4. 10% Untuk Keperluan Pribadi
Sisihkan 10% profit yang anda dapat untuk kebutuhan pribadi atau keluarga anda, bisa anda tabung atau anda nikmati sebagai hasil jerih payah dari kerja keras anda menjalankan usaha tersebut. Karena menikmati hasil keuntungan yang kita dapat akan menambah rasa juang kita dalam menjalankan usaha agar semakin maju lagi dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

5. 10% Untuk keperluan Sosial
Hal yang tidak boleh kita lupa sebagai makhluk sosial dan yang memiliki penghasilan yang cukup adalah berbagi dengan sesama terutama yang tidak mampu. Jangan pernah takut berbagi untuk para kalian pengusaha sukses, karena percayalah dengan berbagi Tuhan akan memberikan rezeki atau keuntungan yang berlipat ganda untuk usaha kita. Sebanyak 10% disalurkan sebagai sumbangan, dana sosial, infaq,dll. Baca juga: Peluang bisnis usaha jamur tiram terbaru 2015

6. 50% Untuk memutar Modal
Profit usaha yang Anda dapatkan bisa Anda kelola sebagai pemutar modal agar lebih berkembang. Profit yang dihasilkan dapat Anda gunakan sebagai modal berputar, dana operasional usaha yang berhubungan dengan penjualan dan stok persediaan barang.

Demikianlah tadi beberapa Cara Mengelola Profit Bisnis Agar Terus Berkembang pada usaha yang Anda kelola. Jika Anda bisa membagi profit Anda seperti persenatasi diatas kemajuan usaha Anda mungkin akan terwujud. Satu hal yang Anda harus ingat, kelolalah profit usaha Anda dengan bijak agar dapat terus berkembang. Salam sukses selalu untuk Anda!!