Cara Mencari Modal Usaha


Di saat Anda harus memulai sebuah usaha, mungkin langkah Anda terganjal karena masalah modal, dari mana modal usaha kita dapatkan ? apakah jumlah modal kita nantinya cukup untuk menjalankan usaha. Memiliki modal merupakan kunci untuk membuka usaha, tanpa adanya modal yang cukup, bisnis kita tidak akan berjalan lancar.

Sebenarnya besar dan kecilnya modal tersebut tergantung pada jenis usaha yang akan kita bangun nantinya. Misalnya, jika kita akan membuka usaha toko pakaian, maka modal usaha yang harus kita siapkan harus lebih besar daripada modal dari usaha cucian motor. Sama halnya dengan modal untuk usaha penerbitan yang menggunakan digital, tentunya modal usaha tersebut akan jauh lebih besar jika dibanding modal usaha katering.


Mencari modal usaha sebenarnya cukup mudah, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Pada postingan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana Cara Mencari Modal Usaha yang tepat. Berikut penjelasnnya :

Meminjam dana di Bank dengan Jaminan
Bank adalah tempat para pencari modal untuk melakukan pinjaman. Di Bank juga terdapat program pinjaman yang sering kita kenal dengan nama KMG atau Kredit Multi Guna. Kredit ini menawarkan sejumlah dana pinjaman dengan syarat jaminan berupa aset properti dan kendaraan bermotor. Bunga yang mereka tawarkan juga bervariasi antara 9% hingga 12% dengan tenor pinjaman antara 5 tahun hingga 20 tahun, tergantung jumlah dana pinjaman yang Anda ambil.

Meminjam di Bank Tanpa Agunan
Bagi Anda yang ingin meminjam uang di Bank dengan menggunakan KTA atau Kredit Tanpa Agunan, tentu akan memiliki bunga yang lebih besar dari Kredit Multi Guna, yakni berkisar antara 10% hingga 23%. Meskipun begitu, Kredit Tanpa Agunan ini selalu menjadi pilihan masyarakat umum untuk mencari modal usaha karena tanpa memberikan jaminan apapun.

Memakai Tabungan
Beberapa orang mungkin ada yang tidak suka melakukan pinjaman di Bank. Hal ini sangat wajar mengingat bunga di Bank juga terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan tabungan untuk di jadikan modal usaha yang akan Anda jalankan. Cara ini pastinya akan jauh lebih aman karena tidak beresiko berhutang kepada pihak Bank.

Menjual Aset
Cara Mencari Modal Usaha yang lain adalah dengan menjual aset-aset yang Anda miliki seperti emas, mobil, properti atau investasi yang lain. Selama konsep bisnis Anda tepat sasaran, tidak ada salahnya jika Anda menjual aset untuk keperluan modal usaha. Apabila bisnis Anda berhasil, pastinya Anda akan lebih mudah lagi untuk membeli aset-aset yang lain yang jauh lebih menguntungkan.

Mengadaikan Aset
Jika aset Anda tidak memungkinkan untuk di jual, Anda dapat melakukan gadai atas asset tersebut di institusi gadai. Cara yang seperti ini juga cukup efektif untuk mencari modal usaha karena Anda juga telah mendapatkan modal usaha tersebut sementara itu aset Anda juga tetap utuh sepenuhnya. Namun perlu diingat, Anda harus menebus aset yang telah digadaikan tersebut sebelum jangka waktu yang ditetapkan oleh institusi gadai. Jika tidak, pastinya aset Anda akan segera di sita, padahal harga gadai tidak sebanding dengan harga aset Anda kalau dijual.

Meminjam dari Teman atau Saudara
Anda juga dapat mencari modal usaha dengan meminjam uang kepada orang-orang terdekat Anda. Cobalah meminjam uang kepada saudara, teman atau bahkan mertua Anda sendiri. Mungkin pinjaman mereka tidak terlalu banyak, namun biasanya pinjaman tersebut bebas dari bunga.

Mengikuti Pelatihan
Cara mencari modal untuk bisnis yang lain adalah dengan mengkiti pelatihan dari lembaga pemberdayaan perekonomian daerah. Lembaga ini juga sering dikenal dengan nama workshop atau training. Biasanya setelah mengikuti workshop, lembaga tersebut akan memberikan informasi mengenai akses modal usaha. Lembaga pemberdayaan ekonomi ini menyelenggarakan training melalui lembaga yang lain seperti lembaga penyalur Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Joint Venture
Joint Venture adalah salah satu cara yang baik untuk memulai usaha bersama teman ataupun saudara dengan sistem patungan modal. Pada dasarnya joint venture ini akan menguntungkan Anda, sebab modal yang harus Anda keluarkan dibagi sama rata dengan partner bisnis Anda. Namun dalam hal ini, Anda harus membuat perjanjian tertulis mengenai pembagian hasil untuk menghindari konflik bisnis yang akan datang.

Demikianlah tadi beberapa informasi tentang bagaimana Cara Mencari Modal Usaha. Semoga dapat memberikan informasi dan menjadi referensi yang bermanfaat. Salam sukses selalu!