Pahami Asal Mula Gagalnya Usaha Kecil!

Di era digital saat ini, volum pelaku bisnis semakin meningkat, baik pebisnis kecil, menenga, hingga pebisnis online. Dengan demikian, maka persaingan usaha saat ini menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali memebuat para pelaku usaha tersebut mempunyai resiko mengalami kegagalan. Apalagi seandainya dalam mengawali sebuah bisnis, seorang pengusaha tersebut sering kali terburu-buru dan tanpa melaklukan perhitungan yang matang terlebih dahulu.


Kegagalan ialah sebuah resiko terbesar yang perlu dihadapi oleh semua pelaku usaha, terutama pelaku usaha yang masih baru atau pemula. Suatu kompetisi usaha, manajemen internal perusahaan, dan sekian banyak faktor lainnya bisa saja menjadi di antara penyebab kegagalan dari suatu usaha.

Oleh sebab itu sebelum menjalankan bisnis Pahami Asal Mula Gagalnya Usaha Kecil supaya Anda bisa melakukan antisipasi di saat menjalankan sebua bisnis. Ketimbang penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Sikap Pengusaha
Sikap dari seorang pelaku usaha yang paranoid, keras kepala, tidak ingin berhadapan dengan resiko dan konflik, merasa bawah dirinya adalah paling benar serta perfeksionis kadang menjadikan mereka sulit untuk menerima saran, ide, atau masukkan dari orang lain. Apalagi bawahan mereka. Hal ini tentunya yang dapat merangsang terjadinya kegagalan dalam suatu usaha atau bisnis.

  • Disfungsi Manajemen
Kurangnya perencanaan yang matang, standar, visi, dan sebagainya tentunya yang bersangkutan dengan manajemen usaha termasuk di dalamnya kurangnya kerjasama dengan partner kerja juga dapat menjadi salah satu penyebab suatu usaha mengalami kegagalan.

  • Operasional Tak Efisien
Banyaknya biaya pengeluaran yang dipergunakan untuk tenaga kerja, sewa, bahan produksi, dan didukung dengan karyawan yang tidak ulet serta tidak dapat melakukan negosiasi (untuk konteks yang bisa menguntungkan perusahaan) dapat mengakibatkan usaha menjadi tidak kompetitif atau bahkan mengalami kegagalan.

  • Akuntansi Buruk
Seorang pelaku usaha yang tidak dapat mengontrol usahanya serta tidak memiliki data keuangan, juga tidak menutup kemungkinan akan mengalami sebuah kegagalan. Kesalahan yang tentunya sering terjadi ialah para pelaku usaha menyewa akuntan dari luar untuk mengerjakan perhitungan pajak dan mengawasi keuangan. Pekerjaan seperti ini sebenarnya idealnya dikerjakan sendiri oleh kepala keuangan perusahaan tersebut.

  • Kekurangan Uang Cash
Hal buruk lainnya yang mungkin saja terjadi dengan usaha kecil ialah kehilangan karyawan dan pelanggan yang berpotensi, tuntutan hukum yang barangkali pernah dialami oleh pengusaha manapun, dan datangnya pesaing baru yang dapat berdampak pada penekanan finansial usaha. Hal ini yang dapat mengakibatkan perusahaan menjadi sulit untuk proses recovery bila perusahaan harus hutang uang cash dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Pertumbuhan Usaha Tidak Terkontrol
Perusahaan yang berekspansi terlalu luas mungkin menjadi salah satu hal penyebab kegagalan usaha yang ironis. Ekspansi usaha yang tidak berhasil dapat diakibatkan karena kekeliruan memilih pasar yang ternyata tidak cukup meguntungkan. Kemudian, meminjam uang terlalu banyak untuk menjaga pertumbuhan di tingkat tertentu juga dapat menjadi penyebab kegagalan usaha.

  • Penurunan Pangsa Pasar
Usaha seperti percetakan, toko buku, usaha toko musik, dan banyak lagi usaha kecil yang sehubungan dengan evolusi teknologi, kompetisi, serta permintaan pasar juga menjadi jenis usaha yang rentan mengalami penurunan pasar serta mengalami kegagalan.

Nah, itulah tadi beberapa point penting yang harus Anda hindari dalam menjalankan sebua bisnis. Oleh sebab itu, Pahami Asal Mula Gagalnya Usaha Kecil terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha, agar bisnis Anda bisa mencapai keuksesan dan terus berkembang. Semoga bermanfaat!