Cara Ampuh Siasati Komentar Negatif Pembeli Pada Bisnis Online

Menjalankan bisnis online memang penuh tantangan. Namun, bukan pebisnis namanya jika menyerah dengan berbagai tantangan yang merintangi tersebut. Salah satu tantangan saat menjalankan bisnis online adalah menerima komentar negatif dari pembeli Anda.

Komentar memang sangat penting karena mempengaruhi pembeli. Bayangkan jika komentar negatif tersebut dipercaya oleh pembeli lainnya. Besar kemungkinan pembeli lain tidak jadi membeli produk Anda.


Lalu, bagaimana cara menangani komentar negatif agar tidak mempengaruhi bisnis online yang sedang Anda kerjakan? Jangan kawatir, berikut ini ada beberapa Cara Ampuh Siasati Komentar Negatif Pembeli Pada Bisnis Online. Sebagailangkah pertama, yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang.

Jangan terbawa emosi dan justru membalas komentar tersebut dengan emosi pula.
Setelah menenangkan diri, baca perlahan komentar negatif dari pembeli tersebut. Janga sampai menghapus komentar negatif tersebut. Ada baiknya tetap transparan walaupun kadang Anda harus menghadapi tantangan seperti ini saat menjalankan bisnis online.

Ketimbang menghapusnya, akan lebih baik untuk meminta maaf. Jangan sekali-kali membiarkan komentar tersebut tanpa jawaban. Jika melihat komentar yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, tetap langsung balas.

Hal ini menandakan bahwa Anda bertanggung jawab. Berikan pertanyaan kepada pembeli tersebut jika Anda belum jelas. Pastikan mereka memberikan penjelasan yang lengkap terkait ketidak puasan mereka terhadap produk Anda.

Walaupun hanya melalui pesan atau komentar tapi setidaknya pembeli tahu bahwa Anda menanggapi mereka dengan tenang. Jika memang Anda yang bersalah, maka berikan jawaban dengan meminta maaf.

Kemudian, selesaikan masalah tersebut sesuai dengan tingkat kesalahan Anda. Tidak ada salahnya juga memberikan solusi dengan memberikan bonus sebagai permintaan maaf. Cara ini efektif agar pembeli Anda tidak lagi membahas panjang lebar soal kesalahan Anda.

Selain itu, mereka pun puas dengan pelayanan Anda dan besar kemungkinan mereka tidak akan jera membeli produk dari toko online Anda. Jika masalah tidak jelas dan sepertinya tidak mengarah pada Anda, maka tetap gunakan kalimat yang sopan.

Tetap awali dengan kalimat permintaan maaf. Setelah itu, jelaskan duduk permasalahannya sembari memperjelas masalahnya. Jelaskan secara utuh bahwa kesalahan tersebut di luar kewenangan toko online Anda.

Kalau memang memungkinkan, bantu pembeli Anda untuk menyelesaikan masalahnya walaupun kesalahan bukan berasal dari Anda. Cara ini juga sangat baik untuk menjaga kedekatan dengan pembeli Anda.

Pembeli yang tadinya kecewa akhirnya melunak dan justru puas karena penanganan yang tepat. Jangan lupaa untuk menyimpan komentar-komentar yang Anda dapatkan dari pembeli. Gunakan komentar tersebut untuk mengevaluasi bisnis online milik Anda.

Tentukan apa yang harus diperbaiki dan apa yang perlu dipertahankan sehingga bisnis Anda pun berkembang ke arah yang lebih baik. Semoga dengan Cara Ampuh Siasati Komentar Negatif Pembeli Pada Bisnis Online kali ini, Anda tetap bisa mempertahankan bisnis di dunia maya yang penuh lika-liku dan tantangan tersebut.

Selamat menjalankan bisnis Anda dan tetaplah tenang saat menghadapi pembeli yang tidak sesuai dengan harapan Anda.